Tips Mudah Mengetahui Gejala Darah Tinggi

Gejala darah tinggi sering kali disepelekan karena dianggap sebagai salah satu efek setelah mengonsumsi makanan tertentu. Belum lagi darah tinggi atau sering disebut hipertensi ini juga akan menjadi salah satu awal dari penyakit stroke. Tentunya Anda tidak menginginkan mengalami stroke, bukan? Oleh sebab itu, ada baiknya jika Anda lebih dini dalam mengetahui tentang gejala awal darah tinggi sehingga dapat segera diobati dan ditangani agar tidak semakin parah.

gejala darah tinggi_6

Biasanya ketika terjadi darah tinggi, hal yang pertama dialami oleh banyak masyarakat adalah merasa pusing secara mendadak pada kepala. Pusing yang dialami secara mendadak ini memang menjadi salah satu indikasi adanya tekanan darah tinggi yang tingkat batas aman untuk masing-masing orang akan berbeda satu dengan yang lainnya. Gejala darah tinggi berupa pusing ini memang patut untuk diwaspadai. Selain pusing ada juga munculnya titik-titik darah pada area mata.

Mungkin selama ini Anda masih belum menyadari jika titik-titik darah pada mata merupakan salah satu gejala darah tinggi yang mudah sekali dilihat. Ketika Anda menemukan adanya titik-titik darah pada area mata, sebaiknya segera dilakukan pengecekan kadar darah Anda apakah sudah melebihi batas normal atau tidak. Titik-titik darah tersebut biasanya terjadi karena adanya pembekuan darah karena memiliki hipertensi.

Gejala darah tinggi pada usia muda juga sering terjadi namun tidak banyak orang yang dapat mengatasinya dengan tepat. Untuk tahapan awal biasanya akan disertai rasa mual dan muntah. Namun gejala ini biasanya dianggap sebagai salah satu gejala masuk angin. Berbeda dengan gejala masuk angin, pada orang yang menderita darah tinggi biasanya akan disertai dengan pandangan yang kabur dan juga nafas yang sesak.

Pengobatan untuk darah tinggi juga sebenarnya sangat mudah jika mau menghindari makanan-makanan yang menjadi pemicu dari darah tinggi. Makanan yang menjadi pemicu dari darah tinggi adalah garam. Mengonsumsi garam secara berlebihan akan membuat tekanan darah menjadi meningkat. Biasanya jika sudah mengonsumsi garam yang berlebihan akan muncul rasa pusing pada bagian belakang kepala dan juga disertai dengan tengkuk yang pegal.

Ada pula penyebab munculnya darah tinggi dari makanan. Mengonsumsi daging merah secara berlebihan terutama daging kambing juga akan membuat tekanan darah menjadi meningkat. Gejala darah tinggi ketika mengonsumsi makanan berbahan daging kambing biasanya akan muncul rasa mual bahkan dapat juga hingga muntah. Selain kedua makanan tersebut, makanan cepat saji juga merupakan sumber untuk membuat tekanan darah menjadi lebih tinggi.

Gejala darah tinggi sejak awal tentunya memang harus disikapi dengan benar agar tidak memunculkan risiko penyakit jantung dan juga stroke. Karena darah tinggi ini akan memberikan efek yang cukup berbahaya sehingga memang harus selalu dijaga dalam batas yang aman agar tidak memicu penyakit lainnya. Pola hidup sehat memang menjadi kunci untuk menjaga kadar darah di dalam tubuh agar tetap stabil.