Pengertian dan Jenis Asuransi Kebakaran Untuk Perusahaan

Asuransi kebakaran merupakan salah satu jenis asuransi yang mungkin masih jarang yang digunakan. Jenis asuransi ini sangatlah penting dimiliki oleh perusahaan ataupun rumah dengan risiko kebakaran yang tinggi. Biasanya, jenis asuransi ini banyak digunakan oleh perusahaan industri dengan risiko ledakan akibat bahan kimia yang tinggi. Pengertian asuransi kebakaran ini sebenarnya adalah produk asuransi yang dibuat untuk melindungi barang dari bahaya kebakaran. Barang yang dimaksud di sini bisa berupa properti ataupun gedung. Secara garis besar, jenis asuransi ini dibagi menjadi dua, yaitu asuransi berdasarkan objek pertanggungan dan asuransi berdasarkan jenis polisnya.

asuransi kebakaran

Jenis Asuransi Kebakaran Berdasarkan Objek Pertanggungan

Jenis asuransi kebakaran berdasarkan objek pertanggungannya dibagi lagi menjadi dua, yaitu asuransi untuk kebakaran industri dan non industri. Berikut ini penjelasan mengenai keduanya:

  1. Asuransi untuk kebakaran industri

Jenis asuransi ini diperuntukkan bagi perusahaan industri atas bangunan dan perlengkapan industrinya. Dalam asuransi ini semua gedung dan alat produksi diasuransikan termasuk bahan baku dan bahan pembantu dalam proses industri.

  1. Asuransi untuk kebakaran non industri

Asuransi jenis ini adalah asuransi untuk kebakaran gedung atau harta yang bukan termasuk perusahaan. Contoh dari asuransi ini adalah asuransi kebakaran rumah.

Jenis Asuransi Kebakaran Berdasarkan Polisnya

Sedangkan jenis asuransi kebakaran berdasarkan polisnya dibagi menjadi 5, yaitu:

  1. Polis perhitungan kembali

Polis asuransi digunakan untuk menanggung risiko dalam perusahaan seperti perkebunan, gudang umum, pabrik gula, shopping centre, toko, dan gedung sejenisnya. Obyek pertanggungan bisa selalu berubah sewaktu-waktu.

  1. Polis mengambang

Polis ini digunakan jika jumlah barang atau gedung yang menjadi pertanggungan jumlahnya lebih dari satu. Misalnya saja perusahaan yang mempunyai banyak cabang tersebar di Indonesia, maka polis asuransi yang cocok adalah polis mengambang.

  1. Polis penilaian

Jenis asuransi kebakaran ini merupakan polis dengan harga pertanggungan yang disepakati oleh kedua belah pihak. Dalam polis ini penilaian didasarkan pada harga jual atau harga pasaran dari sebuah objek yang ditanggung.

  1. Polis tanpa nilai

Polis asuransi ini kebalikan dari polis penilaian. Dalam polis ini harga pertanggungan berdasarkan dari harga pembeli atau biaya untuk pembangunan kemudian dikurangi dengan harga penyusutannya.

  1. Polis pemulihan kembali

Pengertian dari polis pemulihan kembali adalah polis yang menanggung bangunan beserta semua isinya. Jadi, polis ini tidak hanya menanggung kerugian atas gedung yang terbakar saja, tapi juga barang-barang yang ikut terbakar dalam gedung yang diasuransikan.

Pemilihan jenis asuransi kebakaran ini kembali lagi kepada Anda yang akan menerima asuransi ini. Setiap perusahaan tentu mempunyai kepentingan dan kebutuhannya masing-masing. Dalam memilih asuransi ini tentunya kepentingan dan kebutuhan ini menjadi salah satu pertimbangan utama dalam memilih asuransi. Musibah kebakaran tentu tidak diinginkan oleh semua orang tapi musibah ini bisa terjadi kapan saja. Dengan begitu, sangat penting untuk para perusahaan mengasuransikan gedung dan barangnya.