Obat Herbal Maag Berbahan Dasar Dapur

Mempunyai sakit maag merupakan suatu kondisi yang harus waspada. Pasalnya, penderita maag tidak dapat sembarangan mengkonsumsi makanan. Penderita maag harus senantiasa mengontrol apa yang akan masuk ke dalam lambungnya. Tetapi tidak usah khawatir, karena obat herbal maag saat ini sudah bisa Anda buat sendiri, sehingga Anda tidak perlu was-was ketika maag menyerang. Memang cara yang paling ampuh adalah dengan menghindari pemicu kekambuhan. Tetapi pengobatan tetap dibutuhkan, terutama yang paling aman adalah obat herbal atau alami.

obat herbal maag_2

Cara Membuat Obat Herbal Maag Sendiri

Maag yang diserang adalah lambung, jadi akan lebih baik jika mengkonsumsi makanan yang ramah terhadap lambung. Berikut ini beberapa cara membuat obat herbal maag agar Anda dapat beraktivitas dengan nyaman meskipun mempunyai penyakit maag.

  • Daun Jambu Biji

Daun jambu biji memang sudah dikenal mempunyai khasiat yang baik terhadap pencernaan. Selain untuk mengatasi diare, daun jambu biji juga baik untuk mengatasi maag. Caranya, Anda dapat menyiapkan 10 lembar daun jambu biji dan air sebanyak 1,5 liter. Rebus kedua bahan tersebut, kemudian Anda bisa mengkonsumsi obat herbal maag tradisional ampuh ini sebanyak 3 kali dalam sehari.

  • Daun Pepaya dan Biji Pepaya

Ketika mengkonsumsi buah pepaya, jangan terburu-buru membuang bijinya, karena biji pepaya ternyata bisa dibuat sebagai obat herbal maag. Tentu saja ditambahkan dengan bahan-bahan herbal lainnya. Biji pepaya dijemur terlebih dahulu sampai kering, kemudian ditumbuk hingga halus. Anda juga perlu menyiapkan 5 gram daun pepaya, 5 gram kencur, 10 gram daun pegagan, 10 gram daun seruni putih, 5 gram sembung, dan air matang hangat secukupnya. Bahan-bahan selain biji pepaya dicuci sampai bersih, kemudian tumbuk semua bahan sampai halus. Ambil bahan secukupnya kemudian bisa diseduh dengan air hangat.

  • Kunyit

Jamu kunyit merupakan jamu yang baik untuk pencernaan dan untuk melancarkan haid, termasuk sebagai obat herbal maag. Kunyit merupakan bahan yang biasanya selalu tersedia di dapur, jadi Anda tidak akan kesulitan mendapatkan kunyit. Caranya dengan menyiapkan kunyit sebanyak 2 batang kemudian dicuci sampai bersih. Kunyit tersebut diparut dan dicampur dengan air. Setelah diperas, jamu kunyit bisa dikonsumsi sebagai obat herbal maag kronis sebanyak 2 kali sehari.

Nah, itulah beberapa cara membuat obat herbal maag yang terdiri dari bahan-bahan alami yang cukup mudah ditemukan di lingkungan sekitar kita. Cara mengkonsumsi obat-obat herbal tersebut juga harus kontinu dan berkesinambungan agar didapatkan kesembuhan yang maksimal. Pola makan juga harus diperhatikan untuk meminimalisir kekambuhan penyakit maag. Untuk Anda yang mempunyai sakit maag, tidak diperkenankan makan makanan yang terlalu pedas, karena akan mengganggu kinerja lambung. Jadi ketika makan pedas sebaiknya secukupnya saja dan tidak terlalu sering. Makan juga harus teratur, boleh sedikit-sedikit asal teratur.