Mengenal Polis Asuransi dan Perbedaannya dengan Premi Asuransi

Para pengguna jasa asuransi tentu sudah tidak asing lagi bukan dengan istilah polis asuransi dan premi asuransi. Dua istilah ini adalah istilah yang paling mendasar dalam dunia asuransi. Bagi Anda yang ingin menggunakan atau sudah menggunakan jasa asuransi harus paham mengenai dua istilah penting ini. Pengertian polis asuransi adalah perjanjian tertulis antara penyedia jasa asuransi dan pengguna jasa asuransi yang di dalamnya berisi kesepakatan antara kedua belah pihak. Jadi, polis bisa diartikan sebagai tanda bukti tertulis yang sah dan dapat digunakan oleh kedua belah pihak.

polis asuransi

Fungsi Polis Asuransi Untuk Nasabah dan Pemberi Jasa

Polis asuransi mempunyai fungsi yang sangat penting bagi nasabah maupun pemberi jasa asuransi. Fungsi polis asuransi yang paling utama adalah bukti tertulis untuk pengguna jasa asuransi dan pemberi jasa asuransi. Penerima jasa asuransi atau tertanggung bisa melakukan klaim asuransi berdasarkan polis atau perjanjian yang sudah disepakati. Hal ini menunjukkan bahwa polis dalam asuransi juga mempunyai fungsi sebagai jaminan untuk tertanggung dalam meminta kerugian dari pihak pemberi jasa asuransi. Tertanggung bisa melakukan klaim pada pihak jasa pemberi asuransi atau penanggung jika suatu hari nanti terjadi hal yang tidak diinginkan.

Fungsi lainnya dari polis asuransi untuk nasabah atau penerima jasa asuransi adalah sebagai bukti pembayaran premi. Polis bisa dijadikan sebagai bukti bahwa tertanggung sudah membayarkan premi asuransi sesuai dengan kesepakatan yang tertera. Jika suatu saat nanti pihak penanggung melakukan hal yang tidak bertanggung jawab, maka pihak tertanggung bisa menuntut berdasarkan polis yang sudah disepakati. Oleh karena itu, sebagai tertanggung harus tahu detail isi dari polis yang di tanda tangani. Bacalah secara seksama isi dari polis yang akan di tanda tangani.

Perbedaan Polis Asuransi dan Premi Asuransi

Dalam asuransi juga terdapat istilah premi asuransi. Bila kita amati, dalam polis asuransi juga terdapat istilah premi asuransi. Yang perlu Anda ketahui bahwa antara polis dan premi asuransi adalah dua istilah yang berbeda, tapi saling berkaitan. Dalam dunia asuransi premi asuransi adalah jumlah uang yang harus dibayarkan oleh nasabah asuransi atau tertanggung kepada pihak penanggung atau perusahaan jasa asuransi setiap bulannya sebagai kewajiban tertanggung dalam keikutsertaannya dalam jasa asuransi. Besarnya premi yang harus dibayarkan sudah ditetapkan oleh penyedia jasa asuransi.

Sedangkan polis asuransi adalah dokumen yang ditandatangani oleh pihak tertanggung dan penanggung yang mempunyai fungsi sebagai bukti perjanjian. Isi dari polis adalah perjanjian antara pihak penanggung dan tertanggung dalam melaksanakan asuransi. Di dalam polis juga tertera premi yang harus dibayarkan oleh pihak tertanggung. Jadi secara umum antara polis dan premi adalah dua hal yang berbeda. Polis dan premi juga saling berkaitan satu sama lain, di dalam polis atau perjanjian pasti terdapat keterangan sejumlah premi yang harus dibayarkan.