Mengenal Asuransi Jiwa dan Jenis-Jenisnya

Salah satu jenis asuransi yang banyak digunakan oleh masyarakat adalah asuransi jiwa. Jenis asuransi ini termasuk yang paling banyak peminatnya. Bagi para pengguna atau calon pengguna asuransi, sudah tahukah Anda apa pengertian asuransi jiwa? Asuransi jenis ini juga sering disebut dengan life Insurance. Life Insurance merupakan asuransi yang mempunyai tujuan untuk melindungi individu atau keluarga atas kerugian keuangan yang tidak terduga. Yang dimaksud kerugian yang tidak terduga ini adalah kematian mendadak, cacat tetap total, atau sudah tidak mampu produktif lagi sehingga mengakibatkan orang tersebut kehilangan penghasilannya.

asuransi jiwa_1

Dilihat dari arti asuransi jiwa ini bisa disimpulkan bahwa asuransi ini mempunyai tujuan untuk melindungi seseorang atau keluarga orang yang ikut asuransi jika sewaktu-waktu orang tersebut meninggal dunia atau sudah tidak bisa bekerja lagi. Manfaat menggunakan asuransi ini sangatlah banyak, salah satunya yaitu sebagai perlindungan diri jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dan mengakibatkan orang tersebut tidak bisa bekerja. Menggunakan asuransi jenis ini tidak hanya menguntungkan untuk pengguna saja, tapi juga sangat menguntungkan bagi keluarga si pengguna.

Jenis-Jenis Asuransi Jiwa

Jenis asuransi jiwa berbeda dengan asuransi kesehatan. Perbedaan keduanya dari segi manfaat yang akan didapatkan oleh pengguna jasa asuransi. Secara umum, ada empat jenis asuransi yang termasuk ke dalam Life Insurance, yaitu:

  1. Asuransi term life

Asuransi term life atau asuransi berjangka adalah asuransi dengan sistem jangka waktu tertentu. Maksudnya asuransi ini ada masa habisnya, biasanya jangka waktu yang ditawarkan sekitar 5 sampai dengan 20 tahun dan seterusnya. Jika alam jangka waktu yang sudah disepakati tidak terjadi klaim, maka uang asuransi akan hangus. Namun asuransi jenis ini mempunyai keunggulan pada harganya yang murah.

  1. Asuransi whole life

Asuransi jiwa seumur hidup atau whole life adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan selama 99 tahun. Waktu ini dianggap seumur hidup karena mengingat usia harapan hidup di Indonesia hanya sekitar 65 sampai 70 tahun.

  1. Asuransi Endowment

Asuransi endowment atau asuransi Dwiguna merupakan asuransi yang sekaligus bisa dijadikan sebagai tabungan masa depan. Maksudnya yaitu jika dalam jangka waktu tertentu Anda mempunyai kebutuhan yang mendesak maka Anda bisa melakukan klaim untuk mengambil uang premi yang sudah Anda bayarkan.

  1. Asuransi unit link

Jenis asuransi ini tidak jauh berbeda dengan asuransi endowment karena dalam asuransi ini Anda bisa sekaligus melakukan investasi. Anda bisa mendapatkan perlindungan sekaligus keuntungan dari investasi yang dilakukan.

Keempat jenis asuransi jiwa ini tentu saja mempunyai kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Dalam memilih life Insurance yang akan Anda gunakan sebaiknya mempertimbangkan kebutuhan Anda dan keluarga serta budget yang Anda miliki. Sebelum memutuskan untuk menggunakan asuransi, sebaiknya pertimbangkan secara matang terutama premi yang harus dibayarkan. Selain itu, pertimbangkan pula manfaat yang bisa didapatkan dari menggunakan asuransi.