Mari Mengenal Apa Itu Asuransi?

Mendengar istilah asuransi mungkin sebagian Anda sudah Anda yang paham, tapi masih banyak pula orang bertanya tentang apa itu asuransi? Masih cukup banyak orang yang belum paham dengan pentingnya asuransi, hal itu bisa terlihat dari kesadaran masyarakat untuk berasuransi yang masih cukup rendah. Mungkin jika tidak karena sedikit dipaksa, kesadaran masyarakat untuk menjadi anggota BPJS sangat rendah. Sebagaimana kita ketahui bahwa sebenarnya BPJS adalah perusahaan asuransi di bawah pengawasan dari pemerintah. Lantas, apa sebenarnya pengertian dari asuransi itu sendiri?

apa itu asuransi_3

Pengertian dan Apa Itu Asuransi

Jika Anda masih bertanya-tanya apa itu asuransi? Berikut adalah penjelasannya berdasarkan UU No 2 Tahun 1992, dijelaskan yang intinya bahwa asuransi adalah bentuk perjanjian antara dua pihak atau bahkan lebih. Dimana pihak penanggung mengikatkan dirinya pada pihak tertanggung dengan memperoleh premi yang dibayarkan kepadanya, untuk memperoleh ganti rugi atas kerusakan atau kehilangan keuntungan dari yang diharapkannya. Jika berdasarkan pengertian tersebut Anda kesulitan untuk memahaminya, mungkin pengertian ringkas berikut ini dapat membantu Anda. Asuransi adalah bentuk perlindungan finansial atas jiwa, pendidikan, property, kesehatan, kendaraan, dan lain sebagainya.

Inti dari asuransi adalah untuk melindungi diri, keluarga, atau harta dan benda dari musibah serta bencana yang tidak diinginkan. Sehingga orang yang sudah mengasuransikan dirinya, keluarganya, atau harta bendanya maka akan memperoleh ganti rugi finansial ketika terjadi musibah yang menimpanya. Sekarang pasti Anda sudah paham dengan apa itu asuransi. Lalu, pertanyaan selanjutnya setelah Anda paham pengertian asuransi adalah apa itu asuransi jiwa? Kenapa jiwa perlu diasuransikan? Pertanyaan ini cukup sering terlontar terutama bagi orang yang belum paham dengan manfaat asuransi.

Asuransi jiwa adalah bentuk asuransi yang digunakan untuk menanggulangi resiko kesejahteraan keluarga setelah yang bersangkutan meninggal. Dengan adanya asuransi jiwa ini, Anda tidak perlu mengkhawatirkan kesejahteraan Anda setelah Anda meninggal karena ahli waris Anda akan memperoleh uang santunan dari pihak asuransi dan tanggungan hutang Anda juga akan diselesaikan oleh pihak asuransi. Nah sekarang pasti Anda semakin paham dengan apa itu asuransi kan? Tidak hanya jiwa Anda yang bisa diasuransikan, masa depan pendidikan anak Anda pun juga bisa Anda asuransikan. Sekarang mungkin Anda bertanya lagi apa itu asuransi pendidikan?

Asuransi pendidikan adalah bentuk proteksi bagi pendidikan anak dimasa depan. Dengan membayarkan sejumlah dana sejak sekarang, maka kelak ketika anak memasuki masa sekolah Anda tidak perlu lagi khawatir dengan biaya pendidikannya. Pihak asuransi yang akan membayarkan biaya pendidikan anak sejak SD hingga perguruan tinggi, sesuai dengan kesepakatan. Demikianlah pembahasan mengenai apa itu asuransi. Semoga pembahasan ini bisa menambah informasi Anda terkait dengan pentingnya asuransi sejak dini.