Manfaat Selada Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Selada, daun berwarna hijau ini banyak dijadikan makanan, terutama sebagai lalapan. Bagi orang Jawa Barat khususnya, lalapan menjadi makanan khas yang mana selada juga turut disajikan. Bahkan beberapa makanan instan atau junk food juga turut menyertakan selada di dalamnya, seperti burger dan hotdog. Jika Anda berkunjung ke mall, selada juga seringkali disajikan bersama mayones. Selada memang selalu enak diolah dan dimakan. Soal rasa dan kelezatannya pasti Anda sudah paham betul, tapi manfaat selada bagi kesehatan tentu masih jarang yang mengetahuinya. Seberapa besar manfaat selada bagi tubuh akan kita ulas pada artikel ini.

manfaat selada bagi kesehatan_7

Jika pada kesempatan sebelumnya kita sudah membahas mengenai manfaat madu bagi kesehatan, sekarang gilirannya selada. Si hijau yang hampir mirip sawi dan kubis ini ternyata memiliki khasiat luar biasa untuk tubuh. Oleh karena itu, mengkonsumsi selada sangat dianjurkan karena memiliki beberapa manfaat seperti dibawah ini.

  1. Sebagai sumber vitamin A

Manfaat selada bagi kesehatan yang pertama adalah sebagai sumber vitamin A. Selada memiliki kandungan vitamin A dan betakaroten yang tinggi. Seperti yang Anda ketahui, vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata dan juga kesehatan kulit. Jadi tidak hanya wortel yang dapat membantu penglihatan Anda. Konsumsi selada juga baik untuk kesehatan tubuh.

  1. Mencegah penuaan dini

Manfaat selada bagi kesehatan memang sungguh luarbiasa. Selada memiliki kandungan zeaxanthin yang mempunyai sifat sebagai antioksidan. Zat tersebut dapat mencegah penuaan dini serta mencegah timbulnya katarak yang banyak dialami orang tua atau lansia. Layaknya bayam, selada pun mengandung flavanoid yang bersifat sebagai anti kanker sehingga mengkonsumsi selada dapat mencegah penyakit kanker, seperti kanker payudara, kanker rahim, dan jenis kanker lainnya.

  1. Memperkuat tulang

Manfaat selada bagi kesehatan juga berpengaruh pada tulang. Selada juga memiliki kandungan vitamin K yang mampu memperkuat tulang sebab vitamin tersebut dapat membantu produksi hormin osteotropic yang mana dapat mencegah osteoporosis. Selain itu vitamin K juga dapat mencegah kerusakan otak neurol sekaligus mencegah penyakit alzaimer. Luar biasa sekali manfaat dari selada ini bukan?

  1. Meningkatkan kesuburan

Ternyata banyak sekali kandungan baik yang ada dalam selada. Terdapat folat dan vitamin C sebagai zat yang berguna untuk kesehatan tubuh. Diketahui, folat dapat meningkatkan kesehatan janin selama kehamilan sehingga jika Anda sedang hamil sebaiknya perbanyak konsumsi selada. Selain itu, folat ini juga dapat membantu reproduksi wanita maupun pria. Sedangkan vitamin C yang ada dalam selada mampu meningkatkan system metabolisme tubuh dan menghadang masuknya penyakit.

  1. Sebagai sumber mineral

Manfaat selada air untuk kesehatan yang lainnya adalah sebagai sember mineral. Selada mengandung mineral seperti tembaga, potasium, magnesium, mangan, besi, dan kalium yang mana semuanya sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Kalium dalam selada dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menjaga tekanan darah.

Ya, itulah tadi sederet manfaat selada manfaat selada bagi kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.