Manfaat Kulit Manggis yang Tiada Duanya!

Kulit manggis, emangnya apa sih manfaatnya? Kan cuma kulit

Eits! Tunggu dulu ladies!

Perlu kamu tau bahwa selain buahnya, bagian buah manggis yang lain dapat dimanfaatkan, seperti kulitnya.

AH, Gak Mungkin!

Nah, karena kamu bilang gak mungkin, makanya kamu perlu baca artikel di bawah ini :)

BACA SAMPAI SELESAI! OK? :)

Manfaat kulit manggis – Garcimia mangostana L. (manggis) merupakan pohon dari daerah tropika. Khasiatnya tidak lagi diragukan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Nah, pada artikel ini kami akan mengupas informasi mengenai manggis, apa saja khasiat dan berbagai manfaatnya untuk kesehatan, terutama kulitnya.

manfaat kulit manggis

Apa Kandungan Buah Manggis?

Kandungan buah manggis, seperti yang dikutip dari wikipedia sebagai berikut, ladies!

Daging manggis memiliki khasiat dikarenakan kandungan vitamin C, E, kalium, serta senyawa aktif. Kandungan ini bermanfaat sebagai pencegah penyakit kanker dan jantung. Sedangkan pada kulit, terdapat antioksidan yang lebih populer dinamakan sebagai Xamthones.

Untuk Apa Zat Antioksidan Pada Kulit Manggis?

Kulit manggis memiliki kandungan antioksian yang berfungsi menyetabilkan metabloisme. Jika fungsi metabolisme pada manusia terganggu, dapat menyebabkan penyakit degeneratif seperti diabetes, stroke, kanker.

Cara kerja kulit manggis dalam menyetabilkan proses metabolisme tersebut yakni dengan mengeluarkan zat racun yang ada pada tubuh. Di mana racun tersebut memasuki tubuh melalui berbagai cara, misalnya polusi, makanan berpewarna sintetis dan lain sebagainya.

Fungsi antioksidan tersebut lah yang ternyata menjadi alasan mengapa khasiat kulit manggis dimanfaatkan oleh banyak orang sebagai obat herbal alami. Jus kulit manggis juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan jerawat, disamping mengatasi penyakit degeneratif.

Kandungan Kulit Manggis

  • Magostin dan B-magostin merupakan metabolit yang menyebabkan warna kuning pada manggis.
  • A-magostanin, yakni 1,3,6,7-tetrahidroksi-2,8-di(metil-2butenil) xanton merupakan metabolit baru.
Amount Per 216 g

 

Calories 158 g
Total Fat 1.2 g 1%
Cholesterol 0 mg 0%
Sodium 15 mg 0%
Potassium 104 mg 2%
Total Carbohydrate 39 g 13%
Dietary fiber 3.9 g 15%
Protein 0.9 g 1%
Vitamin A 1% Vitamin C 10%
Calcium 2% Iron 3%
Vitamin D 0% Vitamin B-6 0%
Vitamin B-12 0% Magnesium 7%

Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Manfaat Kulit Manggis 1: Perbaikan elastisitas sel tubuh

Manfaat pertama yang dapat kita ambil dari manfaat kulit manggis yakni proses regenerasi sel yang rusak dapat terbantu jika kita mengonsumsi jus kulit manggis dalam jangka panjang. Hal ini tentu akan memperlambat proses penuaan kulit. Xamthone yang terdapat pada kulit manggis 66 kali lebih besar daripada wortel dan 8 kali daripada kulit jeruk. Ini menyebabkan kulit manggis sangat efektif bagi perbaikan sel rusak oleh radikal bebas.

Manfaat Kulit Manggis 2: Penurun berat badan

Jus kulit manggis dianggap dapat menurunkan berat badan. Mengapa? Kulit manggis akan mengeluarkan antioksidan yang berfungsi sebagai penyeimbang kortisol, selain itu antioksidan ini juga dapat menstimulasi lemak jenuh pada tubuh. [Baca juga: cara diet yang baik]

Manfaat Kulit Manggis 3: Penyeimbang kelenjar endokrin

Manfaat kulit manggis lainnya yakni xanthone yang terkandung dalam kulit manggis dapat digunakan sebagai penyeimbang kelenjar endokrin. Jika kelenjar tersebut dapat bekerja secara normal dan seimbang, maka akan mendorong produksi hormon neurokimia. Hormon tersebut berperan untuk mempercepat penyembuhan luka dan mengekskresi racun dari hati.

Manfaat Kulit Manggis 4: Pencegah batu ginjal

Ekstrak kulit manggis sangat bermanfaat bagi penderita batu ginjal. Dengan menggunakannya sebagai alternatif terapi, maka akan membantu mengeluarkan air seni. Khasiat kulit manggis yang satu ini akan mencegah tubuh dari infeksi saluran kandung kemih yang jika tidak diatasi dapat berdampak pada penyakit batu ginjal.

Manfaat Kulit Manggis 5: Penjaga kesehatan sistem pencernaan

Disamping memiliki Xamthone, kulit manggis juga mengandung zat antimikroba yang berperan mengatasi gangguan usus ketika melakukan proses pencernaan makanan. Sedangkan penurunan asam tinggi lambung dilakukan oleh antioksidan kulit manggis. Nah, jika sistem pencernaan anda bekerja dengan baik, maka anda akan terhindar dari penyakit diare.

Tentunya sangat banyak manfaat kulit manggis bagi kesehatan. Konsumsilah ekstrak kulit manggis agar tubuh dapat terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Selain hal yang telah disebutkan di atas, ada juga manfaat kulit manggis sebagai berikut:

Khasiat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

  1. Untuk penyakit disentri: Salah satu manfaat kulit manggis yakni kulit buah manggis sangat berguna bagi anda yang terserang penyakit disentri. Caranya adalah dicuci, kemudian dipotong dan direbus dengan empat gelas air. Apabila telah mendidih, air rebusan tersisa setengah, tiriskan dan tunggu hingga dingin. Kemudian air rebusan disaring dan diminum dua kali sehari. Anda juga dapat menambahkan madu ke dalamnya.
  2. Sebagai penyembuh diare: Caranya mirip seperti manfaat kulit manggis untuk penyakit disentri di atas. Perbedaannya hanya saja ukuran air rebusan lebih sedikit untuk penyembuhan diare.
  3. Obat sariawan: Caranya sama dengan cara di atas, namun hanya digunakan untuk berkumur saja, bukan diminum.
  4. Anti mikroba: Kulit buah manggis memiliki antimikroba terhadap jenis mikroba dan jamur tertentu.
  5. Anti kanker: Penelitian tentang khasiat kulit manggis bagi pengobatan herbal terus dilakukan. Hal terakhir yang cukup mengembirakan adalah bahwa manfaat kulit manggis menjadi solusi untuk mengatasi berbagai penyakit berat mematikan seperti kanker.

Khasiat Kulit Manggis Untuk Kesehatan Wanita

  1. Pencuci perut yang lembut (ringan)
  2. Membantu masalah sulit buang air kecil.
  3. Meringankan rasa sakit pada otot, filamen, dan tendon (fibromyalgia)
  4. Meringankan gejala menopause.
  5. Membantu menetralisir rasa sakit yang disebabkan oleh penurunan kepadatan tulang/osteoporosis..

Ada satu hal yang perlu anda perhatikan di samping dengan banyaknya manfaat kulit manggis di atas, apabila kita salah dalam mengolahnya, juga dapat berakibat buruk bagi kesehatan dan kecantikan. Kandungan kadar resin, serat kasar, tanin, serta komponen lainnya tidak dapat dicerna apabila berkadar tinggi, hal ini menyebabkan gangguan pada organ tertentu, misalnya ginjal.

Jangan lupa tinggalkan komentar, serta jangan lupa klik tombol share facebook maupun twitter di bawah ini :)

itulah artikel tentang manfaat kulit manggis untuk kecantikan.