Manfaat Jeruk Nipis, Mulai dari Kecantikan Hingga Kesehatan

Manfaat jeruk nipis, kita pasti sudah tidak asing lagi dengan buah satu ini. Kemungkinan sebagian besar dari kita sering menggunakannya sebagai penyedap atau penyegar masakan. Ada pula yang menggunakannya untuk menghilangkan bau amis ikan. Namun, ternyata, tidak hanya sampai di situ saja. Jeruk nipis punya banyak manfaat untuk kecantikan hingga kesehatan, bahkan untuk penyakit yang sudah kronis. Yap! Tidak hanya asuransi kesehatan yang bisa kita gunakan untuk menangani penyakit kronis, jeruk nipis pun punya peran penting.

Kandungan dalam jeruk nipis terdiri atas Flavonoid yang dikenal sebagai antioksidan yang kuat. Terdapat pula kandungan asam sitrat yang bermanfaat sebagai anti-bakteri, kandungan mineral, serat dan kalori yang bebas kolesterol. Yang pasti jeruk nipis punya kandungan vitamin C.

Nah, mari kita lihat apa saja manfaat jeruk nipis bagi kecantikan dan kesehatan.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan dan Kesehatan

manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

  1. Jerawat dan flek hitam

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai kosmetik dan krim perawatan yang ‘katanya’ berbahan dasar jeruk nipis – khususnya untuk wajah berjerawat. Ya memang benar jeruk nipis punya peran khusus untuk menghilangkan jerawat dan juga flek hitam. Sifat antibiotik yang dimiliki oleh jeruk nipis dapat menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

  1. Menghilangkan ketombe

Ya, jeruk nipis bahkan bermanfaat mengatasi beragam masalah rambut seperti ketombe dan juga rambut rontok. Caranya adalah dengan membasuh rambut menggunakan air hangat yang telah dicampur perasan jeruk nipis. Kemudian, diamkan dan bilas. Setelah itu, Anda bisa bilas lagi rambut menggunakan sampo yang punya kandungan jeruk nipis. Efeknya sangat menyegarkan!

  1. Mencegah asam urat

Terdapat dua penyebab paling utama asam urat, yakni akumulasi radikal bebas dan akumulasi racun di dalam tubuh, yakni asam urat. Jeruk nipis bisa membantu mencegah kedua penyebab ini. Kandungan vitamin C dan flavonoid-nya dapat mengurangi radikal bebas sekaligus detoksifikasi.

  1. Diabetes

Tahukah Anda bahwa ternyata jeruk nipis dan juga buah jeruk lainnya dapat jadi ‘penolong’ bagi penderita diabetes. Serat larut dengan kadar yang tinggi dapat membantu penyerapan gula ke dalam aliran darah sehingga tidak terjadi lonjakan glokosa secara tidak terduga. Ini karena indeks glikemik yang dimiliki jeruk nipis rendah.

  1. Penyakit jantung

Sama seperti penyakit diabetes, jeruk nipis bermanfaat menjaga kadar gula darah. Serat larut jeruk nipis dapat mengurangi peradangan yang terjadi dalam pembuluh darah sehingga gejala stroke, serangan jantung dan penyakit jantung lainnya bisa diminimalisir.

Ada masih banyak lagi manfaat jeruk nipis! Demam ringan juga dapat diatasi dengan jus jeruk nipis, atau bahkan penderita gangguan pernapasan sekalipun dapat menghirup aroma jeruk nipis agar menghindari mual dan sesak. Namun, tentu saja, dari semua penyakit yang disebutkan di artikel ini, jika tidak kunjung dapat diatasi juga – haruslah mendapatkan penanganan dokter yang tepat.

Oleh karena itu, disarankan bagi kita untuk mendaftar jadi peserta BPJS. Dengan jadi peserta BPJS kesehatan dari kelas apapun, Anda berhak untuk mendapatkan beragam fasilitas dan perawatan kesehatan lewat program pemerintah. Dengan premi yang cukup terjangkau, Anda setidaknya merasa punya semacam ‘jaminan’ di masa depan.

Manfaat jeruk nipis dapat Anda peroleh dengan konsumsi dan penggunaan dengan cara yang tepat ya. Hal ini karena penggunaan yang berlebihan malah menyebabkan penyakit lainnya, seperti gangguan lambung dan sebagainya. Sementara itu, Anda bisa memadukan konsumsi sehat ini dan pola hidup sehat dengan jaminan asuransi kesehatan dari pemerintah yakni BPJS Kesehatan. Jika jeruk nipis tidak dapat menangani semua penyakit maka BPJS setidaknya memberi perlindungan lebih!