8 Manfaat Daun Pepaya yang Ampuh

Manfaat daun pepaya – Daun pepaya memang mempunyai bentuk yang menarik, yaitu bentuk yang menyerupai jari. Namun daun pepaya mempunyai beragam manfaat yang tidak kalah menariknya dengan bentuknya. Daun pepaya dapat bermanfaat untuk berbagai macam bidang, mulai dari kecantikan sampai kuliner.

Seperti artikel tentang manfaat buah pepaya bagi kesehatan, alangkah baiknya jika kita mengetahui beberapa manfaat daun pepaya ini.

Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

manfaat daun pepaya

manfaat daun pepaya

1. Mengobati Jerawat

Daun pepaya dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat secara alami yang ada di wajah. Cara mengobati jerawat menggunakan daun pepaya yaitu, keringkat daun pepaya terlebih dahulu. Lalu hancurkan daun pepaya tersebut dan campurkan dengan air. Kemudian usapkan campuran tersebut pada wajah anda, seperti menggunakan masker.

2. Mengobati Demam Berdarah

Daun pepaya dapat berguna sebagai obat untuk penyakit demam berdarah. Cara untuk mendapatkan khasiatnya, yaitu dengan menyiapkan lima helai daun pepaya. Lalu rebus dengan air sebanyak setengah liter. Tunggu hingga airnya menyusut menjadi tiga per empatnya. Kemudian minum ramuan tersebut sebanyak tiga kali sehari. Anda juga dapat menambahkan sedikit garam atau madu sebagai penyedap rasa.

3. Meredam Nyeri Haid

Daun pepaya juga dapat berguna bagi wanita yang sedang mengalami haid. Cara mengolahnya yaitu, pertama-tama siapkan daun pepaya, asam jawa, dan Garam secukupnya. Kemudian semua bahan tersebut dicampur dengan air secukupnya. Selanjutnya rebus semuanya hingga matang.

4. Melancarkan pencernaan

Karpain yang merupakan kandungan dari daun pepaya, memiliki khasiat yang sangat baik untuk saluran pencernaan manusia. Karpain membantu membunuh micro organisme yang mengganggu pencernaan dalam tubuh. Cara menggunakannya mudah, hanya dengan memakan daun pepaya bersama dengan nasi atau lalapan.

5. Obat Anti Kanker Alami

Salah satu manfaat daun pepaya ialah obat kanker alami. Kanker yang merupakan penyakit yang sulit untuk disembuhkan ini, ternyata dapat dicegah oleh daun pepaya. Berdasarkan penelitian, kandungan getah susu ( milky latex ) pada daun pepaya memiliki sifat yang dapat melawan kanker. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sel pertahanan tubuh kita dapat aktif dan membantu melawan sel penyebab kanker, dengan cara rutin mengkonsumsi ekstrak pepaya.

6. Manfaat daun pepaya untuk mengontrol tekanan darah

Bila anda menderita tekanan darah tinggi, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi daun pepaya. Karena daun pepaya berkhasiat untuk mengatur tekanan darah di dalam tubuh. Cara mengolah daun pepaya ini, yaitu dengan merebus lima lembar daun pepaya dalam setengah liter air. Kemudian, air yang telah direbus tersebut disaring dan tambahkan sedikit gula merah atau madu murni. Minumlah ramuan tersebut selagi masih hangat.

7. Memperkuat tulang dan gigi

Daun pepaya ternyata juga dapat berguna bagi tulang dan gigi kita. Dengan mengkonsumsi masakan daun pepaya, dapat membantu untuk memperkuat tulang dan juga gigi. Kandungan alami di dalam daun pepaya inilah yang dapat membuat gigi dan tulang lebih kuat.

8. Melancarkan ASI

Daun pepaya dapat membantu meningkatkan produktifikas ASI secara alami. Cara mengolahnya, yaitu dengan menyiapkan empat lembar daun pepaya muda. Lalu letakkan di atas api hingga daun tersebut layu. Kemudian tempelkan daun pepaya tersebut saat masih hangat di atas payudara asalkan bukan di bagian puting.

Nah, simak terus informasi dari kamuwanita.com yang selalu diupdate setiap harinya. Itulah artikel kami tentang manfaat daun pepaya.