Bebagai Manfaat Daun Binahong yang Tak Terduga!

Manfaat daun binahong – Daun binahong atau yang sebagian orang Indonesia sebut dengan gondola adalah tumbuhan merambat yang namanya diambil dari bahasa Korea. Seperti namanya, tumbuhan ini diketahui berasal dari daerah Korea. Meskipun berasal dari Korea, masyarakat Cinalah yang sering menerapkan khasiat daun binahong untuk pengobatan. Ya, selain digunakan sebagai tanaman hias, daun binahong sangat bermanfaat dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Berikut informasi dari Kecantikan Wanita.

manfaat daun binahong

Eits, sebelum membahas tentang manfaat daun binahong, kami akan jelaskan kandungan dari daun binahong. Daun binahong mengandung antioksidan, total fenol, dan protein tinggi. Selain itu, daun binahong juga mengandung asam arkobat dan antimikroba. Antimikroba adalah senyawa yang mampu memroteksi kulit dari serangan virus, infeksi berbagai luka, dan kuman. Lalu, apa sajakah manfaat daun binahong?

Manfaat Daun Binahong

1. Manfaat Daun Binahong untuk Menghilangkan Jerawat.

Caranya tumbuk kira-kira lima lembar daun binahong sampai halus kemudian oles pada jerawat yang terdapat di bagian wajah Anda. Lebih baik jika Anda mengoleskannya pada malam hari sebelum tidur. Daun binahong juga dapat diminum dengan cara merebus beberapa lembar daun binahong dengan dua gelas air. Setelah tersisa satu gelas, tambahkan madu dan minum secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. [Baca juga: cara menghilangkan bekas jerawat]

2. Mengobati Luka (luka bakar maupun luka berdarah akibat benturan atu benda tajam).

Manfaat daun binahong untuk mengobati luka ini sangatlah efektif, karena daun binahong mengandung antimikroba seperti yang dijelaskan diatas tadi.

Caranya sangatlah mudah, yaitu dengan menumbuk daun binahong lalu tempelkan pada luka yang terdapat pada kulit hingga luka mengering. Dapat juga dengan merebus 10 lembar daun binahong dengan 2 gelas air. Setelah air rebusan bersisa satu gelas, minum secara teratur sampai luka menghilang.

3. Manfaat Daun Binahong untuk Mengobati Ambeien

Caranya rebus 16 lembar daun binahong dengan 3 gelas air. Setelah tersisa dua gelas, minum air rebusan daun binahong tersebut. Minumlah satu kali sehari.

4. Mengobati Penyakit-Penyakit lain (I)

Penyakit-penyakit tersebut antara lain darah rendah, radang ginjal, gagar otak ringan maupun berat, penyakit paru-paru, kurangnya nafsu makan, setelah melahirkan, lemah syahwat dan badan terasa dingin.

Caranya siapkan sekitar 5 sampai 11 lembar daun binahong sesuai yang dibutuhkan. Kemudian rebus daun binahong tersebut menggunakan dua gelas air. Tunggu hingga air tersisa satu gelas lalu minum secara teratur.

5. Mengobati Penyakit-Penyakit lain (II). Penyakit pada bagian dua ini antara lain gatal-gatal, setelah operasi, kencing manis, dan patah tulang. Caranya dengan menyiapkan 10 sampai 20 lembar daun binahong. Seperti cara-cara diatas, daun-daun tersebut direbus dengan air. Bedanya, kali ini direbus dengan tiga gelas air. Kemudian setelah air tersisa dua gelas, minum air rebusan secara berkala untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain daunnya, umbi atau akar dari binahong juga mampu digunakan sebagai obat penyakit typhus, disentri, maag, sakit pinggang, asam urat dan sakit pinggang.

Cara: akar atau rhizoma dari binahong ini direbus kemudian disaring dan ditambah dengan madu. Setelah itu, minum kira-kira dua sampai tiga kali sehari setiap hari sampai penyakit sembuh.

Berbagai cara diatas merupakan cara tradisional yang alami dan aman untuk dilakukan. Sebelum melakukannya, sebaiknya konsultasi terhadap dokter terlebih dahulu. Saat ini, daun binahong telah banyak diolah menjadi obat herbal dalam bentuk bubuk maupun serbuk sari yang  penyajiaannya tinggal diseduh menjadi teh. Teh daun binahong ini juga dapat menjadi alternatif apabila susah mendapatkan tumbuhan binahong.

Ingin tahu cara menghilangkan bulu kaki? Baca cara menghilangkan bulu kaki secara cepat.

Demikian manfaat daun binahong bagi kesehatan.