Apa Saja Sih Manfaat Bunga Rosella?

Manfaat bunga rosella – Warnanya yang begitu mencolok merupakan ciri khas bunga rosella. Namun tahukah anda? Dibalik keindahan warna tersebut, amatlah banyak manfaat bunga rosella yang tersembunyi. Penasaran tentang apa aja khasiatnya? Ikuti terus artikel tentang tips kesehatan ini.

Tunggu dulu, simak dulu sekilas ulasan bunga rosella dari wikipedia berikut ini.

Wikipedia:

Rosela/rosells/asam paya/asam kumbang dan asam susur atau Hisbiscus sabdariffa, adalah spesies bunga yang berasal dari benua Afrika. Mulanya bunga yang juga cantik untuk dijadikan penghias halaman rumah itu diseduh sebagai minuman hangat di musim dingin dan minuman dingin di musim panas.

Di negeri asalnya, Afrika, rosela dijadikan selai atau jeli. Itu diperoleh dari serat yang terkandung dalam kelopak rosela, sementara di Jamaika, dibuat salad buah yang dimakan mentah. Ada kalanya juga dimakan dengan kacang tumbuk atau direbus sebagai pengisi kue sesudah dimasak dengan gula.

Manfaat Teh Rosella untuk Kesehatan

manfaat bunga rosella

1. Mencegah diabetes

Nah, untuk anda yang takut dengan diabetes, ada baiknya untuk mencoba mengonsumsi teh dari bunga rosella. Karena rosella memiliki kandungan gula yang begitu sedikit. Istilahnya minuman rendah gula.

2. Menghambat sel kanker

Penelitian yang dilakukan oleh Ir Didah Nur Faridah MSi, periset Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor, menunjukkan bahwa kandungan antioksidan yang dimiliki oleh kelopak rosela terdiri atas senyawa gossipetin, antosianin, dan glukosida hibiscin yang mampu memberikan perlindungan terhadap berbagai penyakit degeneratif (akibat proses penuaan) seperti jantung koroner, kanker, diabetes melitus, dan katarak.

Peneliti Faculty of Agriculture, Kagoshima University, De-Xing Hou juga mengungkapkan tentang kandungan delphinidin 3-sambubioside dan cyanidin 3-sambubioside, antosianin pada tanaman ini yang notabenenya zat tersebut berkhasiat untuk mengatasi kanker darah (leukeimia).

3. Membantu mengatasi asam urat

Dalam tubuh, terdapat kandungan asam urat, natrium, serta kalsium. Apabila kandungan zat ini dalam darah terlalu tinggi, maka dapat dibuang melalui urine. Ini akan menjadi maslaha apabila berlangsung terus menerus tanpa pencegahan. Nah, dengan mengonsumsi rosela, ditemukan penurunan kreatinin, asam urat, sitrat, tartrat, kalsium, natrium, dan fosfat dalam urin pada 36 pria yang mengonsumsi jus rosela sebanyak 16-24 g/dl/hari (Kirdpon, 1994).

4. Membatu redakan batuk

Cukup memanfaatkan bunga rosella untuk dijadikan teh, maka akan berkhasiat meredakan batuk anda. Anda dapat mencari cara membuat teh rosella di google.

5. Mencegah dan mengobati sariawan

Kelopak bunga rosella mengandung vitamin C yang begitu tinggi, oleh karena itu dengan meminum teh rosella, dapat mencegah dan mengobati sariawan. [Baca juga: beragam manfaat vitamin c untuk kulit]

Nah, itulah sedikit ulasan tentang bunga rosella dan manfaatnya. Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa share melalui tombol facebook, twitter, dan google plus yang telah kami sediakan.

Referensi:

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Rosela
  2. Mohamad, O., Mohd. Nazir, B., Abdul Rahman, M. and Herman, S. (2002). Roselle: A new crop in Malaysia. Buletin PGM Dec 2002, p. 12-13.
  3. “Cytotoxicity and antibacterial activity of Methanolic extract of Hibiscus sabdariffa”. Department of Biochemistry, Federal University of Technology; Olaleye, Mary Tolulope. Diakses 2010-12-10.