Makanan Yang Mengandung Karbohidrat Selain Nasi

Makanan yang mengandung karbohidrat selain nasi ini memang perlu diketahui oleh masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia sendiri sering mengatakan jika belum memakan nasi belum dapat dianggap sudah makan. Nasi sendiri mungkin sudah cukup populer di negara-negara Asia yang memang menggunakan nasi sebagai salah satu bahan makanan yang mengandung karbohidrat yang cukup tinggi sehingga sering membuat rasa kenyang di dalam perut.

makanan yang mengandung kalori tinggi_2

Masyarakat Indonesia dan juga sebagian besar masyarakat di Asia ini mungkin ketika mengonsumsi nasi lebih mengenyangkan dibandingkan dengan makanan pengganti nasi. Hal ini dikarenakan karbohidrat di nasi ini mudah terurai di dalam tubuh seseorang dan diolah menjadi energi sehingga membuat tubuh menjadi lebih tahan lama kenyangnya. Nasi merupakan salah satu makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dibandingkan bahan makanan yang lainnya.

Namun, ada beberapa makanan pengganti nasi yang memiliki kadar karbohidrat yang lebih rendah. Makanan yang mengandung karbohidrat tersebut antara lain adalah jagung, gandum, ubi-ubian dan juga sagu. Untuk masyarakat Indonesia di bagian timur, jarang sekali yang menggunakan nasi untuk memenuhi karbohidrat di dalam tubuh. Biasanya mereka mengganti nasi dengan menggunakan sagu. Tanaman sagu ini sangat mudah didapatkan di Indonesia bagian timur. Begitu pula dengan padi yang juga cukup sulit untuk tumbuh di sana.

Contoh makanan yang mengandung karbohidrat lainnya adalah jagung. Kandungan karbohidrat di dalam jagung ini tidak setinggi nasi. Tidak mengherankan jika ketika ada seseorang yang tengah diet nasi menggunakan jagung untuk mengganti kebutuhan karbohidrat di dalam nasi. Terlebih lagi jagung memiliki kandungan serat yang cukup baik untuk tubuh sehingga membantu dalam melancarkan pencernaan.

Makanan yang mengandung karbohidrat selain nasi ada juga gandum. Mungkin untuk penggunaan gandum, di Indonesia sendiri masih sedikit peminatnya. Berbeda dengan negara-negara Barat yang memang sudah mengonsumsi gandum yang sudah diolah untuk mendapatkan sumber kebutuhan karbohidrat mereka. Olahan gandum sendiri biasanya adalah roti dan juga oatmeal. Gandum sendiri juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol seseorang jika dikonsumsi secara teratur.

Untuk ubi-ubian sendiri, Anda dapat mengonsumsi kentang atau singkong untuk dapat digunakan sebagai pengganti nasi. Kedua makanan yang mengandung karbohidrat ini tentunya sudah sangat umum diketahui oleh masyarakat Indonesia. Bahkan tidak mengherankan jika untuk saat ini masih banyak yang mengonsumsi singkong atau kentang agar dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat di dalam tubuh mereka.

Makanan yang mengandung karbohidrat selain nasi tersebut memang dapat digunakan untuk mengurangi kadar gula yang ada di dalam nasi. Sehingga untuk penderita diabetes memang sebaiknya mengganti nasi dengan beberapa makanan yang lain yang memiliki kandungan karbohidrat yang diperlukan tubuh. Karena tubuh harus mendapat asupan karbohidrat agar dapat menghasilkan energi untuk dapat beraktivitas dengan baik.