Macam-Macam Karbohidrat dan Fungsinya Bagi Tubuh

Macam-macam karbohidrat berdasarkan struktur molekulnya. Umumnya molekul dari karbohidrat terdiri dari 3 macam unsur, diantaranya karbon (C), oksigen (O), dan hidrogen (H). Adapun rumus molekul dari karbohidrat ini yaitu CH2O. Karbohidrat adalah sumber energi yang utama dalam tubuh kita. Bila kebutuhan karbohidrat tak terpenuhi, dampaknya fungsi karbohidrat pun diambil alih protein sehingga membuat kinerja protein pun kurang optimal. Senyawa karbohidrat sendiri tersedia dengan jumlah melimpah di bumi ini. Karbohidrat termasuk nutrisi penting untuk tubuh.

macam macam karbohidrat

Jenis dan Macam-Macam Karbohidrat

Berdasarkan rantai karbonnya sendiri, terdapat jenis-jenis karbohidrat di antaranya sebagai berikut :

  1. Monosakarida

Macam-macam karbohidrat yang pertama adalah monosakarida. Di mana senyawa ini tergolong ke dalam karbohidrat sederhana karena tak bisa dihidrolisis kembali hingga bentuk yang paling sederhana. Senyawa karbohidrat yang satu ini bersifat dapat larut pada air serta bisa berdifusi lewat dinding usus tubuh tanpa harus dipecah kembali oleh yang namanya enzim pencernaan. Adapun senyawa yang tergolong ke dalam monosakarida, di antaranya galaktosa, fruktosa dan glukosa.

  1. Disakarida

Salah satu dari jenis karbohidrat berdasarkan panjang pada rantai karbonnya yang berikut adalah disakarida. Karbohidrat jenis ini tergolong ke dalam oligosakarida dengan peran yang cukup penting untuk tubuh. Senyawa karbohidrat disakarida ini terdiri atas 2 molekul monosakarida dengan saling berikatan satu sama lain. Pada proses pencernaan sendiri, karbohidrat jenis ini dipecah kembali hingga menjadi 2 macam molekul monosakarida. Adapun macam-macam karbohidrat disakarida ini berupa maltosa, laktosa, dan sukrosa.

  1. Polisakarida

Polisakarida termasuk jenis karbohidrat kompleks karena memproduksi lebih dari sebanyak 6 monosakarida bila di hidrolisis. Senyawa yang satu ini bisa mengandung sebanyak ribuan monosakarida. Umumnya polisakarida bersifat tak dapat larut pada air dan tak berasa. Adapun macam-macam karbohidrat jenis polisakarida terdiri dari glikogen, selulosa dan amilum. Jenis dekstrin dan pati tergolong polisakarida yang bisa dicerna, sementara pektin dan selulosa sendiri termasuk sejenis polisakarida yang tak bisa dicerna.

Fungsi dari Macam-Macam Karbohidrat?

Karbohidrat di dalam tubuh memiliki banyak peranan, di antaranya sebagai sumber energi paling utama, mengatur sistem metabolisme lemak dalam tubuh, dan mengoptimalkan kinerja dari protein. Di samping itu, karbohidrat juga berperan untuk membantu sistem pencernaan, dan sebagai pemanis secara alami. Dalam hal ini karbohidrat pada tubuh berfungsi juga ke dalam proses penyeimbang dari asam basa pada tubuh, di tambah lagi membantu pembentukan struktur, jaringan sel serta organ-organ pada tubuh.

Karena fungsi dari karbohidrat sebagai sumber energi utama bagi tubuh, tentunya pemenuhan akan karbohidrat dalam tubuh sendiri begitu penting. Jika seseorang kekurangan karbohidrat, maka dampaknya bisa menyebabkan berbagai permasalahan untuk tubuh seperti kurangnya pastokan akan energi dengan melemahnya kondisi tubuh. Demikian ulasan mengenai macam-macam karbohidrat dan fungsinya untuk tubuh!