5 Khasiat Kulit Manggis yang Luar Biasa

kamuwanita.com – Manis memang rasa buah manggis. Kulit buah yang mudah dikelupas, membuatnya semakin favorit menjadi buah santapan yang gemar dikonsumsi. Namun benarkah jika ada khasiat kulit manggis yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita? Kulit buah berwarna ungu kemerahan kini semakin gemar dicari keberadaannya oleh masyarakat untuk dikonsumsi. Sebenarnya apa sih kandungan dari kulit manggis?

Wikipedia:

Termasuk dalam jenis pohon hijau yang berasal dari daerah tropika. Ukuran pohonnya mampu mencapai 7 hingga 25 meter. Dikenal sebagai ratu buah.

Kandungan utama dari kulit manggis ialah Xanthone, zat antioksidan dan anti inflamasi yang dikenal sebagai penangkal dan obat dari berbagai macam jenis penyakit, seperti jantung, kanker, stroke, ginjal, diabetes dan lain lain.

khasiat kulit manggis bagi kesehatan

Khasiat Kulit Manggis untuk Kesehatan

Menyehatkan tubuh

Kandungan utama Xanthone berkhasiat sebagai antioksidan. Oleh sebab itu, bilamana kita rutin mengkonsumsi kulit manggis, daya tahan tubuh kita terhadap penyakit akan meningkat. Dengan tubuh yang jarang terkena penyakit, kita akan tampak lebih sehat dan segar bugar setiap harinya. Itulah salah satu tips kesehatan.

Menghambat penuaan dini

Masih karena kandungan antioksidan, kulit manggis ternyata juga bisa menghambat penuaan dini. Xanthone, merupakan senyawa yang memiliki gugus hidroksida yang efektif dalam mengikat radikal bebas dari sel sel tubuh yang rusak serta membantunya meregenerasi sel – sel tersebut. Sehingga tak ayal jika kulit manggis dipercaya bisa menghambat proses penuaan dini.

Menyeimbangkan produksi hormon dalam tubuh

Senyawa Xanthone dalam kulit manggis juga dapat memperbaiki sistem kerja kelenjar endokrin. Oleh karena itu, hormon dan zat zat neurokimia yang diproduksi oleh kelenjar endokrin juga akan seimbang dan membantu mempercepat proses penyembuhan luka dan pengeluaran racun dari dalam tubuh.

Mencegah penurunan fungsi otak

Penyakit akibat penurunan fungsi otak seperti Demensia dan Alzheimer dapat dicegah oleh antioksidan dalam kulit buah manggis. Selain itu, kulit manggis juga dapat mencegah terjadinya penyakit sistem syaraf seperti Parkinson. Kerusakan pada sistem memori pada otak juga dapat dicegah oleh kulit buah yang berwarna ungu kemerahan ini.

Memelihara kesehatan penernaan

Zat antimikroba dalam kulit manggis mampu memerangi parasit, jamur, dan bakteri merugikan yang tumbuh dalam organ pencernaan. Kandungan asam yang terlalu tinggi dalam lambung juga dapat diturunkan oleh zat antioksidan dalam kulit buah manggis. Kulit manggis juga dapat menghambat infeksi pada lapisan dalam usus besar yang membuat tercegahnya radang usus besar.

Masih banyak sekali khasiat yang terkandung dalam kulit buah manggis. Namun perlu diperhatikan disamping bermacam khasiat yang dikandungnya, mengkonsumsi kulit buah manggis akan menimbulkan beberapa efek samping terhadap tubuh, seperti nyeri sendi, nyeri otot, mual, sakit kepala dan lain lain. Jika efek yang ditimbulkan semakin memburuk, alangkah baiknya jika konsumsi kulit manggis dihentikan. Baca juga :

Itulah beberapa ulasan dari kamuwanita.com terhadap berbagai khasiat kulit manggis.