Jenis-Jenis Makanan Untuk Penderita Diabetes

Penyakit diabetes merupakan salah satu kondisi dimana gula darah di dalam tubuh naik akibat makan makanan mengandung karbohidrat tinggi. Memang makanan karbohidrat bila dikonsumsi mempunyai kadar gula yang akan dilepaskan dalam darah. Saat gula darah meningkat dalam tubuh maka otomatis tubuh melepas insulin yang membantu mengubah gula di dalam darah dan dimasukkan ke dalam sel tubuh yang bisa menjadi sumber energi tubuh. Bagi Anda penderita diabetes, makanan untuk penderita diabetes yang menyehatkan banyak sekali. Makanan inilah yang mampu menormalkan kadar gula di dalam darah.

makanan untuk penderita diabetes_5

Nah, berikut ini adalah beberapa resep makanan untuk penderita diabetes yang dianjurkan untuk menjaga kestabilan kadar gula dalam darah bagi pasien diabetes.

  1. Brokoli

Banyak penelitian yang menyatakan jika brokoli merupakan salah satu sayuran hijau yang mengandung senyawa sulforaphane. Kandungan senyawa ini dapat memperbaiki dan menjadi pelindung dinding pembuluh dalam darah akibat kerusakan kardiovaskular disebabkan karena diabetes. Adapun manfaat dari senyawa sulforaphane juga mampu memicu kinerja anti-inflamasi serta mengontrol kadar gula dalam darah. Selain itu, manfaat senyawa ini juga dapat meningkatkan kinerja detox dalam tubuh dan meningkatkan enzim agar dapat mengendalikan zat kimia yang dapat memicu kanker. Brokoli juga mengandung kromium guna membantu meningkatkan insulin dalam tubuh. Oleh sebab itu makanan untuk penderita diabetes yang baik yakni brokoli.

  1. Ikan

Ikan merupakan makanan laut yang kaya akan protein dan bisa membuat orang merasa kenyang lebih lama dan ikan mengandung asam lemak omega 3 yang dapat meredakan peradangan. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa penderita yang mempunyai kadar asam lemak omega 3 tinggi dalam darahnya akan mengalami inflamasi rendah. Perlu Anda tahu, inflamasi di dalam tingkat kronis mampu memperburuk penyakit diabetes bahkan menimbulkan masalah berat badan. Makanan untuk penderita diabetes dari ikan ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena bisa membantu mengurangi resiko terkena stroke merupakan salah satu komplikasi dari penyakit diabetes.

  1. Bayam

Makanan untuk penderita diabetes selanjutnya adalah bayam. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa dengan memakan lebih dari 1 porsi bayam dalam sehari serta sayuran hijau mampu menurunkan resiko penyakit diabetes sampai 14 persen jika dibandingkan hanya makan ½ porsi dalam sehari. Sebab, sayuran hijau seperti banyak kaya vitamin K dan mineral magnesium, fosfor, folat, potasium serta seng. Sayur bayam juga mengandung senyawa zeaxanthin, lutein dan flavonoid. Menu makanan untuk penderita diabetes melitus bayam sebaiknya diolah seperti sup bayam karena lebih aman dan tidak menggunakan minyak berlebih.

Saran terbaik bagi penderita diabetes adalah sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan olahan sendiri. Dengan begitu, penderita dapat memantau bahan makanan dan tambahan makanan yang masuk dalam tubuh. Selain makan makanan untuk penderita diabetes yang bergizi seperti di atas, penderita pun disarankan untuk mengecek kadar gula dalam darah secara rutin. Dengan begitu, kesehatan lebih terjamin karena sering berkonsultasi dengan dokter dan penderita pun lebih berhati-hati dalam memilih makanan.