Jenis dan Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening pada Wanita dan Pria

Kanker kelenjar getah bening merupakan salah satu jenis kanker yang banyak menyerang wanita. Kelenjar getah bening menyebar tidak disela-sela bagian tubuh, seperti ketiak, selangkangan, leher, dan bagian tubuh lainnya. Dalam kelenjar getah bening terdapat cairan yang mempunyai fungsi utama untuk keseimbangan dalam tubuh. Jika terjadi infeksi pada cairan getah bening maka kelenjar getah bening akan membengkak. Bengkaknya kelenjar getah bening inilah yang sering disebut dengan kanker getah bening. Jenis kanker yang menyerang kelenjar getah bening secara umum ada dua, yaitu limfoma Hodgkin dan limfoma Hodgkin.

kanker kelenjar getah bening_6

Kanker Kelenjar Getah Bening Hodgkin atau Limfoma Hodgkin

Jenis kanker kelenjar getah bening ini menyerang jaringan limfa atau limfoid. Biasanya penyakit kelenjar getah bening jenis ini menyerang pria yang berusia di atas 50 tahun. Namun tidak menutup kemungkinan pria dengan usia antara 1 tahun sampai 38 tahun juga mempunyai risiko terserang kanker ini. Kanker getah bening Hodgkin ini disebabkan karena ada salah satu sel yang tidak bekerja secara normal sehingga menyebabkan kelenjar getah bening menjadi bengkak. Gejala kanker kelenjar getah bening ini diantaranya yaitu:

  1. Terjadi pembengkakan pada bagian lipatan ketiak, paha, dan leher. Biasanya pembengkakan ini disertai dengan rasa nyeri pada bagian yang bengkak.
  2. Gejala lainnya yaitu merasakan sesak pada dada sehingga penderita penyakit ini merasa kesulitan ketika bernafas.
  3. Kebanyakan penderita kanker kelenjar getah bening jenis Hodgkin ini akan merasakan demam dan keluar keringat dingin ketika malam hari. Nafsu makan penderita juga menurun sehingga berat badan pun mengalami penurunan.

Kanker Kelenjar Getah Bening Non Hodgkin atau Limfoma Non Hodgkin

Jenis kanker kelenjar getah bening yang kedua yaitu Non Hodgkin. Penyakit ini biasanya menyerang wanita dan pria yang sudah lanjut usia dengan riwayat kanker pada tubuhnya. Kanker Non Hodgkin ini bisa dikatakan sebagai kanker getah bening stadium lanjut. Sel kanker yang menginfeksi tubuh seseorang akan terus menyebar ke seluruh tubuh. Jadi jika seseorang sudah terkena infeksi kanker kemungkinan besar terkena kanker getah bening. Gejala penyakit kanker pada kelenjar getah bening jenis ini yaitu adanya benjolan pada bagian leher dengan warna kemerahan. Benjolan ini disebabkan karena adanya pembesaran tonsil, adenoid, dan limfonodus di leher.

Biasanya orang yang mengalami kanker getah bening Non Hodgkin akan merasa cepat lelah dan berat badannya akan semakin berkurang. Penyakit kanker kelenjar getah bening ini tidak datang dengan tiba-tiba, melainkan disebabkan oleh hal-hal tertentu. Penyebab kanker kelenjar getah bening bisa disebabkan oleh faktor intrinsik dan ekstrinsik. Faktor intrinsik yaitu dari dalam tubuh seperti keturunan atau genetik. Sedangkan faktor ekstrinsik adalah faktor dari luar tubuh seperti kebiasaan hidup yang kurang sehat dan terlalu banyak makan dan minuman yang berpengawet. Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol juga bisa menyebabkan penyakit ini.