Inilah 5 Cara Menghilangkan Gatal Setelah Digigit Nyamuk

Gigitan nyamuk kelihatannya sepele, tapi rasa gatal yang ditimbulkan ternyata cukup menyiksa. Pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai cara menghilangkan gatal setelah digigit nyamuk. Jika Anda kerap berada di luar ruangan, tentu akan sangat rentan terhadap gigitan nyamuk. Bahkan di dalam ruangan, nyamuk seringkali datang mengganggu ketika malam hari. Gigitan nyamuk ini jangan disepelekan karena jika gatal dibiarkan juga berakibat tidak baik. Terutama anak-anak yang sering bermain di luar rumah, mereka seringkali menggaruk begitu saja bekas gigitan nyamuk. Padahal hal tersebut tidak boleh karena bekas garukannya bisa menimbulkan luka pada kulit, bahkan cenderung berdarah.

cara menghilangkan gatal setelah digigit nyamuk_9

Nah, agar supaya Anda atau keluarga tidak menggaruk bekas gigitan nyamuk, sebaiknya lakukan beberapa cara menghilangkan gatal setelah digigit nyamuk berikut ini:

  1. Cucilah bekas gigitan

Cara menghilangkan gigitan nyamuk yang pertama adalah dengan mencuci bagian tubuh yang terkena gigitan. Ketika Anda merasakan gatal pada tubuh, sebaiknya segera cuci dengan air dan sabun. Setelah itu, beri sedikit alcohol pada bagian tersebut dan biarkan hingga mengering. Namun bagi kulit yang sensitive, pemberian alcohol memang kurang tepat, sesuaikan dengan kondisi kulit.

  1. Oleskan minyak kayu putih

Cara yang satu ini paling umum digunakan oleh banyak orang. Minyak kayu putih banyak tersedia di warung-warung atau toko obat bahkan supermarket. Ketika Anda terkena gigitan nyamuk, segera oleskan minyak kayu putih pada bagian tersebut. Kandungan minyak kayu putih secara perlahan akan mengempiskan gigitan nyamuk tanpa bekas sedikitpun.

  1. Kulit Pisang

Cara menghilangkan gatal setelah digigit nyamuk yang satu ini sangat aman untuk semua bagian tubuh. Bisa dibilang kulit pisang merupakan cara menghilangkan gigitan nyamuk pada wajah. Seperti yang Anda tahu, wajah merupakan bagian yang sensitif. Jika Anda memberikan lotion ini dan itu, dikhawatirkan wajah Anda akan mengalami iritasi, apalagi wajah yang sensitive. Gunakan kulit bagian dalam kulit pisang dengan cara mengoleskannya pada wajah atau bagian lain yang terkena gigitan nyamuk. Senyawa pada bagian alam kulit pisang sangat efektif mengatasi gigitan nyamuk dan rasa gatal yang ditimbulkan.

  1. Cuka apel

Cara menghilangkan gatal setelah digigit nyamuk selanjutnya adalah menggunakan cuka apel. Menggunakan cuka apel sama halnya dengan minyak kayu putih. Cuka apel dapat menghilangkan rasa gatal akibat gigitan nyamuk serta mengempeskannya. Caranya yaitu dengan mengoleskan cuka apel pada bekas gigitan nyamuk atau merendam bagian tubuh yang terkena gigitan dengan air yang dicampur dengan cuka apel.

  1. Lemon

Lemon biasanya digunakan untuk membuat minuman atau campuran obat batuk. Ternyata lemon dapat digunakan untuk menghilangkan gigitan nyamuk dan rasa gatal yan ditimbulkan serta mengurangi iritasi. Caranya yaitu dengan mengoleskan air perasan lemon atau parutan kulit lemon pada bagian tubuh yang terkena gigitan nyamuk.

Demikian ulasan mengenai cara menghilangkan gatal setelah digigit nyamuk, semoga bermanfaat bagi para pembaca yang sedang mencari tips menghilangkan gigitan nyamuk.