Masuk Angin? Pakai Bawang Putih Aja!

Perut sakit banget nih, kayaknya masuk angin deh!

Sebenarnya bukan masuk angin, namun lebih tepatnya adalah gas yang tidak merata dalam tubuh (wikipedia)

Masuk angin disebabkan karena gas – gas yang berada dalam tubuh berkumpul dalam satu tempat dan tidak merata.

Penyebab Masuk Angin

Penyebab masuk angin antara lain:

  1. Terlalu lama di dalam ruangan yang bersuhu dingin
  2. Terlalu lama kehujanan
  3. Salah makan
  4. Kondisi tubuh yang terlalu lemah

Nah, untuk mengatasi masuk angin tersebut, kita punya 5 cara mengatasi masuk angin loh ladies!

Cara Mengatasi Masuk Angin Secara Alami

cara mengatasi masuk angin

cara mengatasi masuk angin

1. Menjaga Suhu Tubuh

Cara mengatasi masuk angin yang pertama ialah mengatur suhu tubuh.

Apabila kamu masuk angin, pasti kondisi tubuh tidak nyaman. Bahkan kadang sampai menggigil. Salah satu solusinya adalah kamu harus menjaga suhu tubuh kamu tetap hangat. Misalnya dengan menggunakan jaket maupun baju yang lebih tebal.

O iya, suhu ruangan juga penting loh! Jaga sirkulasi udara ruangan kamu!

2. Wedang Jahe

Cara mengatasi masuk angin yang kedua menggunakan jahe.

Tau jahe kan? Kamu juga tau apa aja manfaatnya? Kalo belum, mending baca ini deh!

Minuman jahe atau yang lebih sering disebut wedang jahe sangat cocok dikonsumsi jika kamu sedang masuk angin.

Caranya:

  1. Tumbuk beberapa ruas jahe
  2. Masukan dalam segelas air panas
  3. Minum wedang jahe tersebut sesegera mungkin sebelum dingin
  4. O iya, kamu bisa juga menambahkan madu maupun gula

3. Cukup Istirahat

Sebenarnya cara mengatasi masuk angin yang paling mudah ialah dengan beristirahat.

Hendaknya seseorang beristirahat (tidur) selama 7 – 8 jam setiap harinya. Ini dapat dibagi menjadi tidur malam dan tidur siang.

Ketika kamu beristirahat dengan cukup, tubuh akan meregenerasi sel dan energi. Sebaiknya hindari semua barang – barang yang akan mengganggu tidur kamu, misalnya handphone.

4. Bawang Putih

Sudah tau tentang manfaat bawang putih?

Ternyata salah satu khasiatnya dapat dijadikan sebagai obat masuk angin.

Yang bener nih?

Coba dulu deh!

Caranya:

  1. Cukup dengan mengonsumsinya secara langsung

Jika kamu tidak suka dengan bau maupun rasa bawang putih, kamu dapat menambahkan bawang putih ke dalam menu makanan kamu.

Eh ngomong – ngomong soal menu makanan, baca ini ya:

Menu Diet Sehat? Solusi Tubuh Sehat

5. Rebusan Daun Pepaya

Masih dengan cara mengatasi masuk angin dengan bahan – bahan alami. Dan yang satu ini menggunakan daun pepaya.

Lebih tepatnya memanfaatkan air rebusan daun pepaya.

Caranya:

  1. Bersihkan beberapa lembar daun pepaya
  2. Rebus dalam 5 gelas air
  3. Tunggu air rebusan hingga tinggal setengah

Minum ramuan tersebut untuk mengatasi masuk angin kamu

Baca juga:

Eh, Ternyata Manfaat Daun Pepaya Nggak Sembarangan Loh

Nah, cara mengatasi masuk angin sebenernya gampang kan?

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa share ke temen – temen kamu ladies! :)