Cara Membuat Obat Herbal Keputihan

Keputihan merupakan masalah yang umum dialami oleh wanita. Keputihan yang ringan tidak akan menimbulkan permasalahan, tetapi keputihan yang sudah parah akan berbahaya bagi kesehatan organ reproduksi. Obat herbal keputihan dapat dibuat sendiri sebagai cara pencegahan maupun pengobatan terhadap masalah kewanitaan ini. Ada berbagai faktor yang menyebabkan terjadinya keputihan, seperti karena kondisi hormonal, stress fisik dan pikiran, faktor makanan, dan lain sebagainya.

obat herbal keputihan_8

Bahan Alami Obat Herbal Keputihan

Apapun penyebab dari keputihan, masalah ini harus segera diatasi agar tidak semakin parah. Kondisi keputihan yang tergolong ringan ini adalah cairan berwarna bening, tidak berbau, tidak gatal dan tidak sakit. Namun kondisi keputihan yang tergolong parah yaitu cairan dapat berwarna kuning, bau, gatal, serta dapat menimbulkan rasa sakit pada organ kewanitaan. Oleh sebab itu, dalam kondisi ringan maupun parah tetap membutuhkan obat herbal keputihan. Obat-obat herbal yang dapat dibuat diantaranya yaitu:

  • Daun Sirih

Daun sirih sebagai obat keputihan yang manjur memang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Terdapat banyak produk-produk pembersih kewanitaan yang berbahan dasar daun sirih. Tetapi jika Anda bisa mengusahakan dan memanfaatkan secara langsung justru akan lebih baik dan aman. Cara membuat ramuan dari daun sirih ini adalah, ambillah beberapa helai daun sirih kemudian rendam di dalam air selama 2 jam. Gunakan air rendaman daun sirih untuk membasuh organ kewanitaan.

  • Tanaman Lidah Buaya

Mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa tanaman lidah buaya ternyata mempunyai manfaat sebagai obat herbal keputihan. Selama ini lidah buaya dikenal bermanfaat untuk kulit dan rambut, tetapi ternyata juga berkhasiat untuk mengobati keputihan. Hal ini karena tanaman lidah buaya merupakan antioksidan, antibakteri dan antiseptik yang baik. Caranya bisa dilakukan dengan mengambil daging atau gel lidah buaya, kemudian dihancurkan dengan blender. Rebus dengan daun sambiloto dan air secukupnya. Setelah mendidih, tunggu sampai hangat kemudian basuhlah alat kewanitaan menggunakan air ini.

  • Akar Bayam

Bayam tidak hanya daunnya saja yang bisa dimanfaatkan karena akarnya bisa dimanfaatkan untuk obat herbal keputihan pada wanita. Sifat anti bakterinya mampu menjadi obat alami untuk mengatasi masalah keputihan. Caranya dengan menyiapkan akar bayam secukupnya, kemudian cuci sampai bersih dan buat menjadi jus. Jus akar bayam tersebut diminum sebanyak dua kali dalam sehari selama masa penyembuhan.

  • Biji Ketumbar

Biji ketumbar mempunyai manfaat sebagai obat herbal keputihan. Rendamlah biji ketumbar selama semalaman penuh. Kemudian pada pagi harinya sebelum makan dan minum apapun, terlebih dahulu Anda bisa mengkonsumsi air rendaman biji ketumbar tersebut.

Obat herbal keputihan yang sudah dipaparkan tersebut merupakan obat alami yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Dengan membuat obat herbal maka Anda tidak perlu khawatir akan ada campuran bahan-bahan kimia yang ditakutkan akan berbahaya untuk organ kewanitaan.