Cara Membuat Gula Jawa dan Khasiatnya

Gula Jawa atau disebut juga dengan gula aren merupakan pemanis yang diproduksi dari nira. Adapun nira ini berasal dari bagian tandan pada bunga jantan di pohon enau. Umumnya gula aren ini dikaitkan dengan berbagai macam gula dari nira, yakni cairan yang dihasilkan pada bunga pohon yang berasal dari famili palma, misalnya siwalan, aren dan kelapa. Cara membuat gula Jawa juga sebenarnya cukup mudah untuk dipahami. Terutama bila Anda yang ingin mencoba membuat gula aren ini sendiri.

gula jawa_5

Proses Pembuatan Gula Jawa Asli

Pembuatan gula Jawa awalnya dari bunga jantan pada pohon enau kemudian dikumpulkan dulu pada bumbung bambu. Hal ini mencegah nira yang bisa mengalami peragian, sebab nira yang mengalami fermentasi tak akan dapat dibuat menjadi gula, untuk itu perlu dimasukkan pada bumbung bambu tadi dengan menambahkan kawao berperan sebagai bahan pengawet secara alami. Bila jumlahnya sudah cukup, maka nira direbus pada tungku dalam wadah yang besar atau wajan. Adapun kayu terbaik yang digunakan untuk memasak biasanya berupa kayu aren tua.

Adapun kayu aren tua ini memiliki kalori lebih tinggi dibandingkan kayu bakar yang biasa sehingga proses memasak gula Jawa pun menjadi lebih cepat. Walaupun demikian, Anda harus mengatur di mana api yang digunakan untuk memasak gula tidak terlalu besar hingga masuk pada wajan serta menjilat dan membakar gula. Apabila ini terjadi, maka gula pun akan hangus, sehingga membuat rasa gula menjadi pahit dengan warna lebih hitam.

Umumnya gula Jawa pun terbentuk jika nira sudah pekat, kemudian lebih berat saat diaduk serta jika diciduk di wajan kemudian dituangkan lagi adukan maka akan terlihat putus-putus. Selain itu, bila dituangkan pada air dingin, maka cairan pekat tersebut pun membentuk benak tak putus-putus. Jika hal ini sudah terjadi, Anda bisa mengangkat adonan lalu mencetaknya.

Manfaat Gula Jawa Asli

Gula aren yang asli sendiri memiliki berbagai macam khasiat yang mungkin kita tidak tahu. Adapun manfaat gula Jawa asli ini diantaranya selain sebagai bahan baku untuk membuat masakan, juga bisa menambah tenaga. Hal ini dikarenakan gula aren mempunyai kandungan kalori dengan memberikan energi cukup untuk tubuh. Selain itu, berdasarkan segi kesehatan sendiri ternyata gula aren pun bisa bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia pada tubuh.

Gula aren juga bermanfaat untuk melancarkan sistem peredaran darah dalam tubuh. Melalui peranannya inilah, tubuh pun terhindar dari penyakit yang bisa berdampak buruk. Tak hanya itu saja, gula aren juga ternyata bermanfaat untuk meningkatkan daya imun tubuh. Karena kandungan kalorinya yang tidak begitu tinggi inilah, gula Jawa bermanfaat untuk menjaga kadar kalori atau kolesterol di dalam tubuh.