Cara Memasak Nasi Yang Pulen

Cara memasak nasi yang pulen memang perlu diketahui oleh masyarakat. Tanpa disadari sering kali kita memasak nasi menggunakan takaran air yang lebih banyak dan biasanya akan membuat nasi menjadi lebih lembek. Memang dalam memasak nasi, takaran air ini memiliki peranan yang cukup penting karena akan menentukan tingkat kematangan nasi tersebut. Jika menggunakan takaran air terlalu banyak akan membuat nasi menjadi lembek. Namun jika kekurangan air akan membuat nasi menjadi kering dan biasanya masih mentah.

cara memasak nasi_1

Nasi memang salah satu sumber karbohidrat yang utama untuk dikonsumsi di Indonesia. Bahkan juga negara-negara di Asia. Oleh sebab itu sering kali mendengar jika belum memakan nasi belum disebut makan. Nasi memang memiliki fungsi sebagai sumber energi dan juga akan membuat perut lebih merasa kenyang. Cara membuat nasi putih memang sering kali dilakukan tanpa mengetahui cara memasaknya dengan benar.

Ada beberapa cara untuk membuat nasi putih lebih pulen. Di mana Anda dapat mencampur beras yang sudah dicuci dengan bersih dengan menambahkan tepung tapioka atau tepung maizena dan juga tepung beras ketan ketikan akan dimasak. Berikan juga takaran air setinggi 2 cm di atas permukaan beras yang sudah ada di dalam panci tersebut. Cara memasak nasi ini oleh orang Jawa disebut Ngaru atau tahap perebusan beras.

Tahap perebusan beras ini memang sangat penting dilakukan karena tahapan ini merupakan kunci utama untuk membuat nasi menjadi lebih pulen. Cara memasak nasi tradisional ini memang sudah dilakukan sejak lama. Namun tidak banyak orang yang dapat mengetahui tentang trik ini sehingga cukup kesulitan dalam membuat nasi yang pulen dan enak ketika dikonsumsi. Sebaiknya ketika pada tahap ini, Anda juga harus sesekali mengaduknya agar beras tidak lengket di panci. Baru matikan kompor ketika air sudah meresap ke dalam beras dan hampir habis.

Tahap selanjutnya adalah tahap pengukusan beras. Cara memasak nasi pada tahap ini dapat dikatakan cukup santai dan simpel. Sehingga dapat Anda lakukan sambil melakukan aktivitas yang lainnya. Anda dapat langsung menyiapkan panci pengukus. Dan berikan air dengan takaran 1 cm di bawah saringan panci pengukus. Anda juga dapat menambahkan daun pandan atau daun salam untuk menambah aroma pada nasi ketika dikukus.

Jika sudah dinyalakan apinya, tunggu hingga uap air keluar dan mendidih. Jika sudah mendidih, baru Anda dapat memasukkan beras yang sudah direbus sebelumnya. Cara memasak nasi untuk mendapatkan hasil yang pulen dapat Anda lakukan dengan cara mengaduknya sesekali saja. Namun tidak disarankan dilakukan pengadukan sesering mungkin karena akan merusak bentuk nasi.

Cara memasak nasi agar menjadi pulen memang harus memiliki kesabaran dalam membuatnya. Karena untuk prosesnya sendiri akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Terlebih lagi dalam penggunaan apinya yang tidak terlalu besar agar tidak membuat nasi menjadi gosong. Jika menginginkan nasi yang pulen dan empuk maka Anda dapat mencoba melakukan cara di atas.