Bayi Tersedak? Lakukan Tindakan Segera

Menurut pengetahuan perkembangan serta perubahan anak, bayi usia 3 th. kebawah memiliki kesenangan memasukkan suatu hal kedalam mulut, lantaran adalah kenikmatan sendiri untuk Anak pada saat itu, berita jeleknya, bayi sangatlah berisiko untuk tersedak.

Tersedak adalah satu reaksi bila ada benda asing yang masuk serta menghalangi saluran pernafasan anak, dengan sinyal seperti tercekik, karenanya berhati-hatilah tiap-tiap orangtua selalu untuk mengawasi semua aktivitas bayi Anda, supaya tak asal-asalan memasukkan suatu hal ke mulut.

Waktu bayi tersedak, biasanya ditandai dengan anak menempatkan tangan dlehernya, tak dapat untuk bicara, sensasi tercekik, susah untuk bernafas, atau mungkin saja nafasnya bertemura, tak dapat batuk, bibir serta kulit menhitam lalu berlanjut ke kehilangan kesadara atau pingsan.

bayi tersedak

Cara Mengatasi Bayi Tersedak

Tersebut sebagian aksi yang perlu dikerjakan sesegera mungkin saja, apabila temukan bayi tersedak, salah satunya :

  • Letakkan bayi dalam posisi telunguk atau tengkurap dengan kepala bayi lebih rendah dari dadanya.
  • Sangga kepala bayi dengan telapak tangan. Janganlah menutupi mulut bayi menghimpit atau lehernya.
  • Gunakan tumit dari salah satu tangan untuk menepuk punggung bayi sejumlah lima kali, pas di antara tulang belikat bayi
  • Jika benda asing yang tersedak belum juga keluar, sangga kepala bayi serta ganti posisinya jadi terlentang di atas paha anda, jagalah kepala bayi lebih rendah dari sisi badan yang lain.
  • Berikan desakan dengan cepat pada tulang dada di bawah puting bayi memakai 2-3 jari.
  • Terus berikanlah 5 tepukan punggung serta 5 desakan pada dada hingga object keluar.
  • Jika bayi pingsan segera bawa ke IGD (instalasi kritis darurat) untuk memperoleh penanganan yang lebih profesional.

Nah, itulah sedikit ulasan tentang cara mengobati bayi tersedak. Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa share melalui tombol facebook, twitter, dan google plus yang telah kami sediakan.