7 Gejala Penyakit Jantung Koroner, Nomor 6 Sering Tidak Disadari

Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi manusia, tanpa jantung manusia tidak akan bisa hidup. Salah satu kelainan jantung yang sering dialami oleh masyarakat adalah jantung koroner. Penyakit ini sering tidak dikenali gejalanya sehingga banyak pasien jantung koroner yang terlambat ditangani. Mengenali gejala penyakit jantung koroner sejak dini harus dilakukan agar kita semua terhindar dari bahaya kematian akibat jantung koroner. Di dunia ini penyakit jantung koroner termasuk penyumbang terbesar bagi kematian wanita dan pria.

gejala penyakit jantung koroner_7

Gejala penyakit jantung koroner bisa dikenali sejak dini dengan cara memperhatikan gejala yang timbul. Berikut ini 7 gejala sakit jantung koroner secara umum:

  1. Rasa nyeri pada dada

Gejala jantung koroner yang sering dirasakan oleh penderita pada mulanya adalah merasakan nyeri pada dada yang tidak tertahankan. Rasa nyeri ini tidak hanya datang satu kali saja tapi datang berkali-kali.

  1. Keluar keringat dingin

Gejala penyakit jantung koroner yang cukup mudah dikenali adalah keluar keringat dingin di seluruh tubuh. Biasanya keringat dingin ini keluar disebabkan jantung tidak bisa maksimal memompakan darah ke seluruh tubuh. Keringat dingin yang keluar akibat penyakit jantung koroner bisa datang kapan saja.

  1. Sesak nafas

Biasanya para penderita jantung koroner akan mudah terkena sesak nafas atau asma. Asma yang disebabkan oleh penyakit jantung koroner biasanya disertai dengan rasa nyeri yang sangat luar biasa pada bagian dada.

  1. Sakit kepala

Pada awal terjadi penyumbatan di pembuluh darah yang menyebabkan jantung koroner penderita akan merasakan sakit kepala yang sangat luar biasa bahkan sampai tidak bisa tidur. Jika gejala ini Anda rasakan segera periksakan ke dokter.

  1. Cepat lelah

Jika Anda merasa cepat lelah maka waspadailah bisa saja ini merupakan gejala penyakit jantung koroner. Para penderita jantung koroner biasanya tidak kuat jika melakukan aktivitas yang terlalu berat. Karena jantung penderita penyakit jantung koroner tidaklah normal sehingga darah yang dipompakan ke seluruh tubuh juga tidak maksimal.

  1. Nafsu makan menurun

Tanda Anda mengidap penyakit jantung koroner yang lainnya yaitu berkurangnya nafsu makan. Para penderita jantung koroner biasanya akan kurang semangat makannya karena merasakan sakit pada bagian dada jika sedang menelan.

  1. Cemas

Perasaan cemas yang berlebihan juga bisa menjadi gejala dari penyakit jantung koroner. Agar tidak menambah parah keadaan sebaiknya tenangkanlah pikiran, jangan sampai cemas yang berlebihan.

Penyebab penyakit jantung koroner yang paling utama adalah terjadinya penyempitan pembuluh darah yang menuju ke jantung. Sehingga darah yang seharusnya lancar bisa masuk ke jantung terhambat karena adanya penyumbatan. Penyumbatan ini bisa terjadi karena timbunan kolesterol dalam tubuh ataupun timbunan zat-zat lainnya. Dengan mengenali gejala penyakit jantung koroner sejak dini, Anda bisa mengatasi dan mencegah kematian akibat penyakit jantung yang satu ini.