5 Cara Menambah Darah dengan Mudah

Apakah Anda sering merasa lemas dan tidak mempunyai tenaga? Berhati-hatilah, mungkin saja Anda kekurangan darah. Kekurangan darah biasanya sering dialami oleh wanita ketika masih dalam masa menstruasi. Pada saat itu banyak darah yang keluar sehingga membuat badan menjadi lemas dan tidak bertenaga. Jika Anda merasakan badan sering lelah, maka segeralah untuk melakukan cara menambah darah. Karena kekurangan darah bisa sangat fatal akibatnya, dimana orang yang kekurangan darah bisa sampai meninggal dunia jika tidak ditangani dengan cepat.

cara menambah darah_2

Cara menambah darah dalam tubuh bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi makanan penambah darah. Makanan penambah darah sangat banyak jenisnya, mulai dari sayuran, buah-buahan, daging, dan lain sebagainya. Berikut ini akan diberikan 5 cara menambah darah secara alami melalui makanan:

  1. Gandum

Gandum termasuk salah satu jenis makanan sumber karbohidrat dengan kandungan zat besi yang paling besar. Untuk menambah darah, Anda bisa mengkonsumsi olahan roti yang terbuat dari gandum yang dicampur dengan selai kismis atau kacang. Selain baik untuk menambah darah, gandum juga bisa mencegah penyakit kanker dan gagal jantung.

  1. Daging

Cara menambah darah yang paling efektif selanjutnya yaitu dengan memperbanyak konsumsi daging. Daging yang sangat dianjurkan adalah daging kambing dan daging sapi. Kedua jenis daging ini mengandung 2,8 mg zat besi untuk setiap 100 gramnya. Dengan mengkonsumsi daging ini, penyakit kekurangan darah Anda bisa di atasi dengan cepat.

  1. Buah-buahan

Cara menambah darah rendah juga bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi buah-buahan tertentu. Banyak orang yang belum menyadari bahwa ada banyak buah yang bisa dijadikan sebagai makanan penambah darah. Adapun buah yang bisa dijadikan sebagai penambah darah yaitu melon, apel, kismis, anggur, limau, jeruk, plum, dan buah bit hijau.

  1. Ikan

Mengkonsumsi ikan juga merupakan salah satu cara menambah darah yang cepat. Ikan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah ikan baronang, ikan sarden, dan ikan salmon. Ketiga jenis ikan ini mengandung zat besi, protein, dan omega 3 yang cukup banyak. Selain itu, ikan tuna juga bisa dijadikan alternatif ikan untuk menambah darah.

  1. Kacang-kacangan

Ada banyak jenis kacang-kacangan yang sudah terbukti ampuh bisa menambah darah. Jenis kacang-kacangan ini diantaranya yaitu kacang hijau, kacang almond, dan kacang kedelai. Anda bisa mengkonsumsi hasil olahan jenis kacang-kacangan ini untuk menambah darah dalam tubuh.

Selain menggunakan makanan diatas, untuk menambah darah juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi suplemen penambah darah. Suplemen ini bisa dengan cepat untuk menambah darah dalam tubuh. Menerapkan pola hidup yang sehat dengan rutin berolahraga juga termasuk salah satu cara menambah darah yang paling efektif. Olahraga tidak hanya membakar lemak saja, akan tetapi olahraga juga bisa membantu melancarkan peredaran darah. Dengan peredaran darah yang lancar tentu saja darah dalam tubuh akan terdistribusi dengan baik dan Anda tidak akan kekurangan darah lagi.