4 Jenis Makanan Untuk Diare Yang Menyehatkan

Bagi sebagian orang, diare merupakan hal yang wajar, terutama bagi orang yang suka mengkonsumsi sambel berlebihan. Akan tetapi jika diare dibiarkan secara terus menerus dapat membahayakan tubuh karena seseorang akan merasa lemas dan kekurangan cairan. Pada dasarnya, makanan untuk diare yang terbaik yakni yang mempunyai sifat mudah dicerna sistem pencernaan, mempunyai efek mengentalkan tinja dan memenuhi kebutuhan cairan yang sudah hilang. Sedangkan makanan pantangan bagi penderita diare yang harus dihindari yakni makanan yang bersifat susah untuk dicerna, mengiritasi saluran pencernaan, membuang cairan tubuh dan yang bisa memperparah diare.

makanan untuk diare_4

Makanan untuk diare yang tidak menimbulkan efek samping dapat ditemukan di buah dan sayur. Buah dan sayur tertentu bisa membantu dalam proses penyembuhan diare. Berikut 4 jenis makanan yang bisa digunakan untuk menyembuhkan diare.

  1. Apel

Buah untuk penderita diare akut yakni buah apel. Buah apel adalah jenis buah yang padat dan perlu dicerna lebih lanjut dalam sistem pencernaan. Oleh karena itu, jika Anda mengalami diare, lebih baik mengkonsumsi apel olahan. Apel olahan bisa ditemukan pada saus apel karena terdapat kandungan pectin, glukosa dan lainnya untuk mengurangi gejala diare.

  1. Wortel

Makanan untuk diare yang berasal dari jenis sayuran yakni wortel. Wortel adalah jenis sayuran kaya akan nutrisi sehingga sangat baik untuk sistem pencernaan. Selain itu, wortel mengandung vitamin yang bisa meredakan kondisi usus tidak normal karena diare. Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengkonsumsi sayuran wortel untuk dijadikan asupan kebutuhan serta nutrisi saat diare. Sebaiknya, Anda mengolah wortel dengan direbus serta dihaluskan seperti jus agar sistem pencernaan Anda tidak kewalahan ketika memprosesnya dalam usus.

  1. Kentang

Kentang adalah jenis makanan dengan kandungan karbohidrat yang sangat tinggi sehingga sangat dianjurkan dikonsumsi ketika diare. Pada dasarnya, kentang merupakan bahan makanan yang dijadikan alternatif saat tidak bisa mengkonsumsi nasi. Cara pengolahan makanan untuk diare dari kentang ini tidak boleh jika menggunakan minyak goreng. Sebab kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya bisa hilang dan minyak goreng bisa memperparah kondisi badan Anda saat diare. Makanan untuk diare dewasa ini sebaiknya direbus hingga empuk. Kentang selain untuk obat diare juga bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol dan untuk diet.

  1. Nasi

Nasi adalah menu utama yang harus ada di negara Asia. Akan tetapi nasi juga bisa membantu proses terbentuknya tinja dan memadatkannya. Namun nasi hitam dan nasi merah tidak baik jika dikonsumsi orang yang sedang diare, pasalnya kandungan serat di dalamnya sangat tinggi.

Cukup banyak bukan, makanan untuk diare yang bisa dikonsumsi? Nah, selain mengkonsumsi beberapa makanan yang telah disebutkan diatas, Anda juga harus mengkonsumsi air putih yang banyak agar tidak kekurangan cairan sehingga terjadi dehidrasi.