4 Dampak Berbahaya Akibat Kurang Tidur

Aktivitas sehari-hari yang super padat terkadang membuat orang mempunyai waktu yang sangat sedikit untuk tidur. Bahkan, untuk beristirahat sejenak saja mereka tidak bisa. Minimalnya waktu tidur membuat seseorang dapat merasakan gejala-gejala yang kurang baik pada tubuh mereka. Jika hal tersebut terus berlanjut, maka bukan tidak mungkin ia akan menderita suatu penyakit tertentu sebagai akibat kurang tidur. Meskipun hanya hal yang sepele, ternyata tidur memiliki peran penting dalam menjaga stamina dan stabilitas tubuh. Untuk itu, jangan pernah mengabaikan kebutuhan tidur dalam hidup Anda.

akibat kurang tidur_8

4 Akibat Karena Kurang Tidur

Di atas telah disinggung bahwa tidur akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh. Selain itu, kurang tidur juga dapat menurunkan konsentrasi. Ingin tahu akibat karena kurang tidur dengan lebih detail dan jelas? Di bawah ini Anda akan melihat beberapa hal sebagai akibat dari kurang tidur, antara lain:

  1. Penyebab kecelakaan kerja dan kecelakaan lalu lintas

Salah satu akibat kurang tidur adalah terjadinya kecelakaan kerja ataupun kecelakaan lalu lintas. Akibat ini timbul karena saat seseorang kurang tidur, maka konsentrasi akan berkurang. Hal inilah yang membuat mereka tidak berkonsentrasi dengan apa yang sedang ia lakukan saat ini. Dengan demikian, kecelakaan tidak bisa terhindarkan.

  1. Kurang tidur dapat memicu penyakit berbahaya di dalam tubuh

Selanjutnya, kurang tidur juga berdampak buruk pada kesehatan manusia. Akibat kurang tidur bagi kesehatan dapat mengakibatkan sistem imun pada tubuh memburuk. Hal ini sangat berbahaya dan dapat menyebabkan penyakit-penyakit berbahaya masuk ke dalam tubuh. Beberapa penyakit yang biasanya timbul sebagai akibat kurang tidur, antara lain diabetes, darah tinggi, stroke, penyakit jantung, dan lain sebagainya.

  1. Kurang tidur dapat menyebabkan obesitas

Anda juga perlu tahu bahwa ternyata kurang tidur juga dapat menyebabkan obesitas. Hal ini tentunya sangat bertentangan dengan anggapan masyarakat saat ini. Banyak masyarakat yang menganggap bahwa kurang tidur akan menyebabkan tubuh menjadi kurus. Mengapa kurang tidur dapat menyebabkan obesitas? Saat Anda terjaga hingga larut malam, maka hal tersebut dapat mendorong Anda untuk makan dan makan lagi. Inilah mengapa kurang tidur dapat menyebabkan obesitas.

  1. Kurang tidur dapat membuat kulit keriput

Seorang remaja seharusnya masih memiliki kulit yang halus dan kencang. Hal ini tidak akan terjadi jika mereka tidur dengan waktu yang kurang. Akibat kurang tidur yang berdampak buruk pada penampilan seorang remaja adalah tekstur kulit yang semakin keriput. Akibat kurang tidur pada remaja ini banyak dirasakan oleh mereka yang suka begadang dengan teman-teman mereka hingga pagi menjelang.

Demikianlah akibat kurang tidur yang bisa siapa saja rasakan. Kurang tidur ternyata dapat memberikan dampak yang sangat berbahaya bagi tubuh. Untuk itu, tidurlah dengan cukup dan berkualitas.